Dua Puluh Tujuh

Saturday, January 26, 2013

Di hari ini, usia gue bertambah satu. Yang masih gue kurang percaya adalah adanya angka "7" di digit kedua umur gue. Angka "7" ini berarti tinggal tiga hitungan lagi untuk menuju umur kepala tiga. Umur kepala tiga berarti satu langkah lebih dekat menuju kehidupan baru. Wooo! Menakutkan karena bagi gue umur kepala tiga itu berarti tanggung jawab akan bertambah banyak. Tapi tetap seru dan rasanya akan mengasyikkan. Ya, kata orang angka "7" juga termasuk angka keberuntungan kan. Beckham pakai nomor itu ketika di MU. Angka "7" juga cenderung jadi rebutan di tim sepak bola manapun. Oh well tampak yang gue mulai harus terbiasa dengan umur baru ini. 27!

Setiap tahun, hari ini adalah salah satu hari yang gue tunggu-tunggu karena memang hari ini adalah salah satu hari yang gue anggap spesial dalam setiap tahunnya. Gue adalah tipe orang momentum, yang akan memang akan memanfaatkan setiap momen spesial yang ada. Kenapa hari ini adalah hari yang spesial, karena simply hari ini adalah hari dimana gue terlahir di tahun 1986. Setiap tahunnya, keluarga dan gue pun merayakan hari kelahiran gue, dan bersyukur karena telah diberi umur satu tahun lagi bagi Sang Pemberi Kehidupan. Umur ini pun rasanya digunakan sebagai simbol bagi manusia untuk memberi tanda yang jelas bagi perkembangan dan pertumbuhan seorang manusia, baik secara mental maupun fisik. "Bisa ngomong di umur berapa?", "Masuk sekolah pas umur berapa?", "Oh lulus kuliah di umur 23 ya?", "Baru punya pacar di umur 26 ya, ya ampun!". Hal-hal semacam itu lah. Kalau yang terakhir itu true story ya ahahaha.

Kali ini, gue mau bercerita tentang bagaimana gue menghabiskan hari ulang tahun gue. Hari ini dimulai dengan tidak begitu menyenangkan. Mumpung hari Sabtu, gue baru sempat ke kantor Batavia Air di Kemayoran untuk klaim refund tiket Jakarta-Jambi-Jakarta gue yang di cancel secara tidak berperi-penumpang-an di H-1. Ternyata klaim gue ditolak dengan alasan klaim refund gue sudah expired karena batas akhir klaim refund adalah H+3 setelah tanggal keberangkatan. Gue pun komplain dan sedikit ngomel-ngomel, yang akhirnya si staf ini akan minta persetujuan dari tingkat manajemen. Nanti akan dikabari lagi. Oke. Pulang dengan tangan kosong.

Sesampainya di rumah, gue langsung pergi lagi bersama kakak gue dan ipar gue ke makam bokap di Pondok Ranggon untuk nyekar sekalian urusin batu nisan. Menurut gue ini adalah momen yang tepat sekali buat gue untuk nyekar, karena ya hari ini adalah hari ulang tahun gue. Selain itu, tahun lalu bokap gue menjanjikan gue dan sekeluarga makan di Restoran Bebek Selamet di hari ulang tahun gue. Namun alih-alih makan bersama, bokap harus terbaring di tempat tidur karena kesehatannya tiba-tiba menurun drastis dan sulit untuk bergerak. Keadaan bokap tetap seperti itu dan makin menurun hingga menghembuskan nafas terakhirnya di 10 Maret 2012. Enam hari sebelum ulang tahunnya ke-63. Jadi, ya ini adalah ulang tahun pertama dalam hidup gue dimana tidak ada ucapan selamat tahun dari bokap. Jadi tepat sekali momen ini untuk berdoa dan mengenang kehidupan bokap gue di atas tempat peristirahatan terakhirnya.

Sesampainya di rumah, gue mendapat suatu kejutan. Nyokap bilang ada kiriman Cheesecake dan sudah ditaruh di freezer. Ketika gue lihat, hyoi Cheesecake Factory aja donk! Lalu ada tulisan "Happy Birthday Dear Timo" yang tertulis diatas coklat putih yang berdiri diatas taartnya. Gue pun dengan polos nanya ke nyokap ini dari siapa. Karena memang selama 27 tahun ini, belum pernah ada yang ngasih atau bahkan kirim kue taart ulang tahun ke gue, kecuali nyokap gue sendiri. Nyokap pun dengan santai bilang, "Loh kamu ga tau? Itu dari MM, tadi dia telepon nanya kuenya udah sampe atau belum. Emang MM ga kasih tau kamu?". HUAAAAAAAAAA! Sumpah seketika gue langsung sumringah senyum lebar selebar jidat! Dapet kiriman kueh ultah dari pacaaaar! Dari Jambi! Eh kuenya engga dari Jambi ding. Ternyata si doi udah mesen kueh itu dari beberapa hari yang lalu. Yaoloh bisaan aja ini anak ngasih surprise ya. Bukan yang pertama kali sih. Hehe.

Setelah excited ngeliatin kueh, gue pun buru-buru menghidupkan komputer dan menyiapkam webcam dan mic. Apa pasal? Yes, gue akan ber-skype ria dengan PACAR gue *maaf ya di-capital, sekali-sekali mau norak ;p*. Acara Skype ini memang sudah kami jadwalkan sejak beberapa hari yabg lalu. Momennya cukup pas, si doi sedang berada di Kota Jambi dimana ada koneksi internet yang cukup cepat, sebelum kembali ke kota kecil dimana koneksi internetnya lebih purba. Iyes hal ini sangat mengangkat mood gue dan sangat signifikan dalam mengubah hari ini menjadi hari yang sangat positif dan menyenangkan. Memang cukup jarang kami bisa Skype-an karena cukup jarang doi berada di Jambi. Selain itu kalau pun doi berada di Jambi, kami tidak bisa Skype-an di weekdays karena gue paling cepet sampai rumah jam 7 malam sedangkan jam segitu terlalu malam buat doi untuk pulang ke mess. Jadi kesempatan yang cenderung langka ini pun saling kami manfaatkan untuk berkomunikasi "tatap muka". Sangat menyenangkan melihat wajah si doi yang saru kaya boneka Jepang. Haha!


Lalu hari gue pun ditutup dengan hal yang telah gue idam-idamkan sejak lama; pesta durian! Yeay! Ceritanya, hal ini terjadi dengan cukup kompulsif. Salah seorang sahabat tiba-tiba bilang di grup wasap kalau dia lagi penen makan duren. Serta merta gue dukung juga. Yang lain pun ngikut. Setelah googling dan tanya sana sini, ternyata ada cafe yang khusus jualan durian! Dan kebetulan ada di Sunter! Langsung lah kami meluncur ke Cafe Raja Durian. Ternyata cafe ini cuma jualan durian Medan dan Monthong. Tapi cukup murah, durian Medan harga per kilo 27 ribuan dan yang Monthong per kilo 50 ribuan. Total kami berlima habis tiga buah durian dengan berat total 6 kg. Bubar dari situ, tangan dan mulut langsung bau durian. Besok paginya boker aja masih bau duren! Ahahaha!

Jika ditarik kesimpulan, hari ulang tahun gue kali ini cukup beraneka rasa. Mulai dari rasa sebel, sedih, hingga senang dan bahagia. Lengkap banget segala macam perasaan yang gue rasakan di hari ini. Ini adalah awal yang sangat baik di umur ke-27 ini. Yeah!



NB: Selamat Ulang Tahun juga untuk blog gue yang berusia 7 tahun!
Tulisan tentang hari ulang tahun gue ada di Doea Poeloeh Doea dan di Lima dan Dua Puluh Lima.

You Might Also Like

0 comment(s)

About Me

Timo - a full-time explorer, a part-time writer, a film programmer, a movie passionate, an author of Sobekan Tiket Bioskop