Kaleidoskop 2014

Wednesday, December 31, 2014


Menulis kaleidoskop tahunan adalah kebiasaan gue setiap tahun. Well, kecuali tahun 2013 yang rasanya gue pun tahu kenapa gue melewatkan tahun tersebut. Anyway, let us start!

Gue percaya ini adalah jalan Tuhan. Di pagi pertama tahun 2014, di desa kecil Cemoro Lawang dekat puncak Bromo, gue ketemu mantan gue. Yes, what a wonderful start for the year of 2014. Beberapa minggu sebelumnya, gue yang curhat konsisten dengan seorang sahabat udah pernah mendiskusikan hal ini; 
"Gue ga bisa mengingkari kenyataan bahwa suatu hari nanti, gue akan bertemu muka dengan mantan gue beserta pasangannya, dan pada saat itu gue harus kuat. Bahwa pertemuan itu akan membuat gue menjadi lebih kuat dari sebelumnya"

HAHA! Gue pikir skalanya tahunan ya. Ya mungkin doa gue terjawab lewat wormhole dimana ruang dan waktu adalah relatif. Well. Deep down in my heart, I have to embrace that moment. A moment which made me stronger, even I wasn't ready yet. Thank you universe for your high taste of humor.

Di bulan ini juga gue merayakan ulang tahun gue ke-28 dengan cara yang sangat berbeda; dirayakan di acara Color Run, sampe naik panggung!


Sudah lama gue mengagumi gerakan Indonesia Mengajar, dan gue bangga dengan diri gue yang di bulan ini mengikuti salah satu aktivitasnya; Kelas Inspirasi. Sebuah aktivitas yang bertujuan untuk membuka pikiran adik-adik di Sekolah Dasar dengan berbagai profesi pekerjaan yang inspiratif. Ya daripada cita-cita mereka terbatas pada stok guru, tentara, dan PNS. Yang menarik jelas berada satu ruangan dan kelompok dengan orang-orang yang memiliki idealisme yang sama; volunteerism. Suatu hal yang sudah lama tidak gue temukan dalam hidup gue.

Yang kedua, di bulan ini akhirnya gue menemukan kesempatan untuk bisnis sampingan. Dari tahun lalu gue udah niat banget buka usaha sampingan buat penghasilan tambahan. Mama nyangka kalo usaha sampingan itu ternyata jadi reseller lego hahaha. Berdua dengan seorang sahabat, yang gue juga ga nyangka bakal duet sama doi. Well, it's gonna be exciting. My side business is my hobby!

Ini kedua kalinya gue naik Gunung Gede, tapi kali ini gue naik dengan teman-teman yang berbeda, dan dalam lingkup acara pendakian bersama OMK se-KAJ. Kali ini juga gue membawa kamera baru beserta tongsis baru. Niatannya adalah membuat 360' video selfie yang terinspirasi dari youtube. Haha.



Juli 2014
Walaupun tidak terdokumentasikan dalam blog gue, kalo ga salah di bulan ini kantor tempat gue bernaung di bidang training itu gulung tikar. Meski kejadian ini dapat diprediksi dari jauh hari, tapi tetap saja cukup mengejutkan ketika mengalaminya. Parahnya, gue seakan ga siap dalam menghadapi ini. I love the job under I wasn't prepared to leave it behind. Tanpa pilihan lain, gue bekerja di kantor lain menurut rekomendasi seorang teman. Yang ternyata jalan ini mengharuskan gue mengucapkan selamat tinggal pada karir gue di bidang yang sesuai dengan kuliah gue.

Di bulan ini gue menyatakan diri untuk mengibarkan bendera putih pada pekerjaan baru ini. Semacam pekerjaan yang sama sekali tidak mengeluarkan potensi dan talenta diri gue. I bored every single day. Beruntung gue mendapatkan tawaran, yang pernah ditawarkan ke gue tahun lalu. And without doubt I said yes! Dan ini membawa gue semakin jauh dari dunia psikologi.

Di bulan ini gue sedang menikmati bidang pekerjaan baru gue, dimana gue percaya gue bisa membangun karir baru disini.

Di bulan ini gue juga harus menghadapi masa lalu yang cuma ada di kepala gue. Tepat setahun sejak status gue balik jadi jomblo lagi. But well, I survived, with style. Haha!


Secara keseluruhan, 2014 gue itu... campur aduk ya. Ya semua orang juga gitu sik. Pasti ada naik-turun. Setiap tahun juga pasti ada naik-turun. Tapi yang bikin 2014 beda dari yang lain adalah jelas tentang pekerjaan gue, baik pekerjaan utama maupun sampingan. Dapet pekerjaan utama sesuai hobi, pekerjaan sampingan juga. Yah tinggal dikembangin aja kan. Uhuy.


Resolusi 2015
Gue inget resolusi 2014 gue adalah untuk membangun karir yang stabil dan menambah skill tertentu untuk meningkatkan harga jual gue *haha*. Jadi 2014 gue sudah membangun pondasi yang cukup soal itu. Jadi 2015 gue adalah untuk menstabilkan itu. Bulan Maret 2015 nanti gue sudah berencana untuk les bahasa Perancis! Gue yakin kemampuan berbahasa Perancis ini akan berguna bagi karir gue di depan nanti. Lalu bulan Juni, gue akan kembali melakukan solo traveling! Yeah!

You Might Also Like

0 comment(s)

About Me

Timo - a full-time explorer, a part-time writer, a film programmer, a movie passionate, an author of Sobekan Tiket Bioskop

Subscribe